Prastika Putriningsih
Posts: 6
|
Posted: 30 Oct 2020 09:25 initial question | |
|
Selain memberikan keuntungan, dampak media sosial terkadang bisa negatif atau merugikan. Bahkan, jika tidak hati-hati, dampak media sosial ini berefek sangat masif bagi brand bisnis. Media sosial bisa diibaratkan sebagai sarana penyebar informasi dari mulut ke mulut (word to mouth) zaman sekarang. Implementasi ini sejak dulu lebih dipercaya dibandingkan dengan iklan konvensional.
Facebook, Twitter, Instagram, merupakan tempat bagi produk atau bisnis Anda bisa dibicarakan banyak orang. Maka itu, sebaiknya hindari hal-hal yang bisa mencoreng citra positif brand Anda. Di era digital ini, pelanggan memiliki peluang dengan mudahnya memberikan saran, kritik, dan testimoni yang dapat langsung dibaca banyak orang. Bahkan, pelanggan bisa melakukannya tanpa adanya campur tangan pihak pemilik bisnis. Untuk itu pemilik bisnis harus jujur dalam mempromosikan produknya jika tidak maka akan memberikan dampak buruk terhadap perusahaan atau bisnisnya. Masih ada banyak lagi pengaruh negatif media sosial dalam sektor usaha atau bisnis yang dapat merugikan perusahaan, diantaranya :
• Dapat menghadirkan informasi negatif mengenai brand yang tersebar dengan cepat meskipun belum pasti kebenarannya
• Data dapat dengan mudah dicontek bahkan dipakai oleh pesaing, misalnya penggunaan foto produk
• Memerlukan waktu dan tenaga tambahan untuk memonitor informasi bisnis di media sosial
• Memerlukan waktu dan tenaga lebih dalam perencanaan pemasaran dibandingkan cara konvensional satu arah seperti iklan di tv atau radio
• Dibutuhkan biaya yang lebih karena komplain dan pengajuan retur dari pelanggan
• Dapat menyebabkan perang harga dengan kompetitor yang terkadang harus membuat bisnis melakukan promosi besar-besaran
Ini pendapat saya mengenai pengaruh negatif media sosial dalam sektor usaha dan bisnis. Gimana nih menurut teman-teman ?
Jika ada kekurangan atau pendapat yang lain, bisa ditambahkan di bawah yaa.. Terimakasih  |
|